#burung

Senin, 30 April 2012

Manusia & Penderitaan


Frustasi
Frustasi adalah keadaan tidak terpenuhinya kebuthan/keinginann seseorang, dan tujuan seseorang atau proses yang menggambarkan proses  yang menggambarkan  adanya hambatan yang menghalangi kebutuhannya tersebut. Frustasi bisa timbul kerena kegagalan, bisa juga karena dia frustasi karena kehilangan orang orang yang si saying, bisa karena dia cinta harta dan pada saat tertentu harta nya lenyap ini semua bisa menimbulkan frustasi.
Ciri ciri orang yang terkena frusatasi bisa kita lihat dari sikap dan perilaku nya sehari hari, orang yang frustasi terlihat tidak lagi bergairah untuk menjalani kehidupan ini, karena yang ada di dalam fikirannya kehidupannya itu sudah berakhir dan tidak ada gunanya lagi dia untuk melanjutkan kehidupannya. Frustasi juga bisa menimbulkan orang yang terkena frustasi akan melakukan bunuh diri, mereka ingin megakhiri hidupnya yang mereka rasa kehidupannya sudah tek berarti lagi. Selain itu juga kita bisa lihat orang yang frustasi itu terlihat gelisah, kecewa, cemas , bingung dan dirinya akan melakukan merasa bersalah yang akan menggambarkan bagaimana suasana hati yang ia rasakan.
Orang orang yang terkena frustasi biasanya dia tidak mau ada orang yang mengganggu kehidupannya, orang frustasi ini akan trelihat selalu menendiri, dia hanya bisa melamun, banyak orang yang melampiaskan kefrustasiannya dengan melakukan perbuatan yang menjurus negative , entah itu melakukan pembunuhan, merampok, menggunakan obat obatan, bahkan melakukan sex bebas, ini semua adalah akibat dari orang yang terkena frustasi.
Orang orang yag terkena frustasi ini tidak menyadari bahwa di dalam menjalani kehidupan ini  tidak ada manusia yang terhindar dari masalah, penderitaan hidup,mereka hanya berfikir bahwa hanya mereka yang mengalami nasib seperti itu, padahal ketika orang yang terkena frustasi bisa melihat keadaan sekitarnya bahwa bukan hanya dia yang mengalami masalah , mungkin mereka akan bisa berfikir dengan lebih dewasa, maka dari itu ketika kita melihat orang yang terkena frustasi kita sebagai manusia yang baik, kita harus memberikan pengertian, memberikan ketenangan kepada orng orang yang terkena frustasi , dan mengingatkan bahwa di dalam kehidupan ini pasti akan terus banyak masalah yang tidak kita tahu kapan datangny dan seperti apa lagi maslah yang akan di terima nanti, sekaligus memberikan mereka semangat hidup kepada mereka yang terkena frustasi.
Cara menghindari dari sifat frustasi :
1.     Kita harus percaya bahwa kita mampu bisa menghadapi masalah tersebut.
2.    Kita harus yakin bahwa ALLAH SWT tidak akan memberikan cobaan /masalah melebihi kemampuan yang kita punya.
3.    Tidak menjadikan masalah / cobaan itu suatu beban, melainkan ada nya masalah bisa meningkatkan kedewasaan kita .
4.    Untuk mengurangi beban, atau ketika kita tidak bisa menghadapi masalah kita dengan sendiri, kita bisa meminta bantuan kepada teman atau siapa aj yang kita percaya dan yang kita anggap sebagai orang yang bisa membantu masalah yang kita hadapi.
5.    Selalu mendekatkan diri kita kepada ALLAH SWT , supaya kita di berikan ketenangan ,kesabaran dalam menghadapi semua masalah yang kita hadapi.
6.    Selalu berfikir positif bahwa di balik masalah yang di hadapi aka nada hikamh yang terkandung di dalamnya.


KESIMPULANYA :  Frustasi di dalam kehidupan di dunia ini sangat lah rentang terjadi , ketika keinginan manusia tidak tercapai, ketika manusia tidak mempunyai lagi orang orang yang dia saying, bahkan bisa karena kehilangan barang barang yang ia sayangi, seperti harta, jabatan da lain lain. dan untuk menghindari sifat frustasi ini kita bisa lakukan dengan selalu berfikir positif bahwa masalah yang di hadapi nya itu akan segera selesai, dan di balik masalah tersebut ada hikmah yang tak terduga, so kita jadikan masalah adalah ajang untuk meningkatkan kualitas diri kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar