#burung

Jumat, 29 Juni 2012

TANGGUNG JAWAB


PENGERTIAN TANGGUNG JAWAB


Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang di sengaja maupun yag tidak di sengaja . tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudannya kesadaran akan kewajiban.
Tanggung jawab bersifat kodrat, artinya sudah menjadi bagian dari hidup manusia , bahwa setiap manusia di bebani dengan tanggung jawab. Apabila di kaji tangung jawab itu adalah keajiban yang harus di pikul sebagai akibat dari perbuatan pihak yang berbuat. Tanggung jawab juga bisa di jadikan tolak ukur manusia apakah manusia tersebut termasuk kedalam manusia yang beradab, mengapa tanggung jawab ini bisa mengukur manusia ini termasuk ke dalam manusia yang beradab karena manusia tersebut menyadari akibat baik ayau buruk perbuatannya itu, dan menyadari pula bahwa pihak lain memrlukan pengadilan atau pengorbanan.


MACAM MACAM TANGUNG JAWAB


Manusia berusaha untuk memenuhi keperluannya sendiri dan untuk keperluan orang lain. Dalam usahanya manusia juga mneyadari bahwa ada kekuatan lain yang ikut menentukan yaitu kekuasaan tuhan. Dengan demikian tanggung jawab itu dapat di bedakan menurut keadaan manusia atau jenis tanggung jawab yaitu :

a.       Tanggung jawab terhadap diri sendiri
Tanggung jawab trehadap diri sendiri yakni dengan kita menjaga diri kita dengan baik, menjaga kebaikan , ketika kita menjadi siswa kita bertanggung jawab untuk belajar dengan benar, dan masuk sekolah tiap hari.

b.      Tanggung jawab terhadap keluarga
Keluarga adalah masyarakat kecil , dan tiap anggota dari keluarga tersebut wajib untuk menjaga nama baik keluarga, kesejahteraan, keselamatan, kesehatan , pendidikan dan kesehatan keluarga.

c.       Tanggung jawab terhadap masyarakat
Pada hakekatnya manusia tidak bisa hidup tanpa bantuan manusia lain, selain dengan keduduknnya sebagai mahluk social.karena membutuhkan manusia lain maka ia harus berkomunikasi dengan manusia lain tersebut.

d.      Tanggung jawab terhadap bangsa
Suatu kenyataan lagi, bahwa tiap manusia,tiap individu adalah warga Negara suatu Negara.dalam berpikir,berbuat,bertindak,bertingkah laku manusia terikat oleh norma-norma yang di buat oleh Negara.manusia tidak dapat berbuat semaunya sendiri.bila perbuatan manusia itu salah,maka ia harus bertanggung jawab kepada Negara.

e.       Tanggung jawab terhadap tuhan
Tuhan menciptakan manusia di bumi ini bukanlah tanpa tanggung jawab,melainkan untuk menngisi kehidupan manusia mempunyai tanggung jawab langsung terhadap tuhan.sehingga tindakan manusia tidak bisa lepas dari hukuman-hukuman tuhan yang dituangkan dalam berbagai kitab suci mlalui brbagai macam agama.


Pengabdian dan pengorbanan


Wujud tanggung jawab juga berupa pengabdian dan pengorbanan.pengadilan dan pengorbanan adalah perbuatan bail untuk kepentingan manusia itu sendiri.


• Pengabdian


Pengabdian aadalah perbuatan baik yang berupa pikiran,pendapat sebagai perwujudan kesetiaan, atau suatu kesetiaan yang di lakukan dengan ikhlas.
Pengabdian itu ada hakekatnya adalah rasa tanggung jawab.apabila orang bekerja keras seharian penh untuk mencukupi kebutuhan.lain hal nya jika kita membantu teman dalam kesulitan mungkin sampai berhari-hari itu bukan pengabdian,tetapi hanya bantuan saja.


• Pengorbanan


Pengorbanan berasal dari kata korban yang berarti persembahan,sehingga pengorbanan berarti pemberian untuk menyatakan kebaktian.dengan demikian pengorbanan yang bersifat kebaktian itu mengandung unsur keikhlasan yang tidak mengandung pamrih.

Perbedaan pengabdian dan pengorbanan

Perbedaan antara pengertian pengabdian dan pengabdian tidak begitu jelas. Karena adanya pengabdian tentu ada pengorbanan. Antara sesame kawan, sulit di katakana pengabdian, karena kata pengabdian mengandung arti lebih rendah tingkatnya.tetapi untuk kata pengorbanan dapat juga diterapkan kepada sesama teman .


Pengorbanan merupakan akibat dari pengabdian.pengorbanan dapat berupa harta benda , pikiran, perasaan, bahkan dapat juga berupa jiwanya.
Pengabdian lebih banyak menunjukan kepada perbuatan sedangkan, pengorbanan lebih banyak menunjukan kepada pemberian sesuatu misalnya berupa pikiran ,perasaan, tenaga,biaya,waktu. Dalam pengabdian selalu ditunut pengorbanan, tetapi pengorbanan belum tentu menuntut pengabdian



SUMBER : http://baguspemudaindonesia.blogdetik.com/2011/04/20/manusia-dan-tanggung-jawab/


0 komentar:

Poskan Komentar