Definisi WEB
Secara terminologi, website adalah kumpulan
dari halaman - halaman situs, yang terangkum dalam sebuah domain atau
subdomain, yang tempatnya berada di dalamWorld Wide Web ( WWW ) di dalam
Internet. Sebuah halaman web biasanya berupa dokumen yang ditulis dalam format
HTML ( Hyper Text Markup Language ), yang selalu bisa diakses melalui HTTP,
yaitu sebuah protokol yang menyampaikan informasi dari server website untuk
ditampilkan kepada para pemakai melalui web browser. Semua publikasi dari
website tersebut dapat membentuk sebuah jaringan informasi yang sangat besar.
Halaman - halaman dari website dapat diakses
melalui sebuah URL yang biasanya disebut Homepage. URL ini mengatur halaman
situs untuk menjadi sebuah hirarki, meskipun, hyperlink - hyperlink yang ada di
halaman tersebut mengatur para pembaca dan memberitahu mereka sususan
keseluruhan dan bagaimana arus informasi ini berjalan. Beberapa website
membutuhkan subskripsi ( data masukan ) agar para user bisa mengakses sebagian
atau keseluruhan isi website tersebut. Contohnya, ada beberapa situs - situs
bisnis, situs - situs e-mail gratis, yang membutuhkan subkripsi agar kita dapat
mengakses situs tersebut.
SEJARAH
Penemu
situs web adalah Sir Timothy
John ¨Tim¨ Berners-Lee, sedangkan situs web yang tersambung dengan
jaringan pertamakali muncul pada tahun 1991. Maksud dari Tim ketika merancang
situs web adalah untuk memudahkan tukar menukar dan memperbarui informasi pada
sesama peneliti di tempat ia bekerja. Pada tanggal 30 April 1993, CERN (tempat dimana Tim bekerja)
mengumumkan bahwa WWW dapat digunakan secara gratis oleh
publik.
Sebuah
situs web bisa berupa hasil kerja dari perorangan atau individu, atau
menunjukkan kepemilikan dari suatu organisasi, perusahaan. biasanya pembahasan
dalam sebuah situs web merujuk pada sebuah ataupun beberapa topik khusus, atau
kepentingan tertentu. Sebuah situs web bisa berisi pranala yang menghubungkan ke situs web lain,
demkian pula dengan situs web lainnya. Hal ini terkadang membuat perbedaan
antara situs web yang dibuat oleh individu ataupun perseorangan dengan situs
web yang dibuat oleh organisasi bisnis menjadi tidak begitu jelas.
Situs
web biasanya ditempatkan pada server web.
Sebuah server web umumnya telah dilengkapi dengan perangkat-perangkat lunak
khusus untuk menangani pengaturan nama ranah,
serta menangani layanan atas protokol HTTP yang disebut sebagai Server HTTP (bahasa
Inggris: HTTP
Server) seperti Apache HTTP Server, atau Internet Information Services (IIS).
WIMAX
WiMAX adalah
singkatan dari Worldwide Interoperability for Microwave Access, merupakan teknologi
akses nirkabel pita lebar (broadband wireless access atau disingkat BWA) yang memiliki
kecepatan akses yang tinggi dengan jangkauan yang luas. WiMAX merupakan evolusi
dari teknologi BWA sebelumnya dengan fitur-fitur yang lebih menarik. Disamping
kecepatan data yang tinggi mampu diberikan, WiMAX juga merupakan teknologi dengan
open standar. Dalam arti komunikasi perangkat WiMAX di antara beberapa vendor
yang berbeda tetap dapat dilakukan (tidak proprietary). Dengan kecepatan data
yang besar (sampai 70 MBps), WiMAX dapat diaplikasikan untuk koneksi broadband
‘last mile’, ataupun backhaul.
Wi Max Standar BWA yang saat ini umum diterima dan secara
luas digunakan adalah standar yang dikeluarkan oleh Institute of Electrical and
Electronics Engineering (IEEE),
seperti standar 802.15 untuk Personal Area Network (PAN), 802.11 untuk jaringan Wireless Fidelity (WiFi), dan 802.16 untuk jaringan Worldwide
Interoperability for Microwave Access (WiMAX).
Pada jaringan selular juga telah dikembangkan teknologi yang
dapat mengalirkan data yang overlay dengan
jaringan suara seperti GPRS, EDGE, WCDMA,
dan HSDPA.
Masing-masing evolusi pada umumnya mengarah pada kemampuan menyediakan berbagai
layanan baru atau mengarah pada layanan yang mampu menyalurkan voice, video dan
data secara bersamaan (triple play). Sehingga strategi pengembangan layanan
broadband wireless dibedakan menjadi Mobile Network Operator (MNO) dan Broadband Provider (BP). Perbandingan beberapa karakteristik sistem
wireless data berkecepatan tinggi digambarkan oleh First Boston seperti
berikut.
Perbandingan Perkembangan Teknologi Wireless
|
|||||
WiFi 802.11g
|
WiMAX 802.16-2004*
|
WiMAX 802.16e
|
CDMA2000 1x EV-DO
|
WCDMA/ UMTS
|
|
Approximate max reach (dependent on many
factors)
|
100 Meters
|
8 Km
|
5 Km
|
*
|
*
|
Maximum throughput
|
54 Mbps
|
75 Mbps (20 MHz band)
|
30 Mbps (10 MHz band)
|
3.1 Mbps (EVDO Rev. A)
|
2 Mbps (10+ Mbps for HSDPA)
|
Typical Frequency bands
|
2.4 GHz
|
2-11 GHz
|
2-6 GHz
|
1900 MHz
|
1800,1900,2100 MHz
|
Application
|
Wireless LAN
|
Fixed Wireless Broadband (eg-DSL alternative)
|
Portable Wireless Broadband
|
Mobile Wireless Broadband
|
Mobile Wireless Broadband
|
HYPERTEXT
HyperText Markup Language
(HTML) adalah sebuah bahasa markah
yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi
di dalam sebuah penjelajah web
Internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format
ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. Dengan kata
lain, berkas yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata dan disimpan dalam
format ASCII normal sehingga menjadi halaman web dengan perintah-perintah HTML.
Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan
dan percetakan yang disebut dengan SGML (Standard
Generalized Markup Language), HTML adalah sebuah standar yang digunakan
secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan
dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web
Consortium (W3C). HTML dibuat oleh kolaborasi Caillau TIM dengan
Berners-lee Robert ketika mereka bekerja di CERN pada tahun 1989 (CERN adalah
lembaga penelitian fisika energi tinggi di Jenewa). Perkembangan HyperText
bermula Tahun 1980, IBM memikirkan pembuatan suatu dokumen yang akan mengenali
setiap elemen dari dokumen dengan suatu tanda tertentu. IBM kemudian
mengembangkan suatu jenis bahasa yang menggabungkan teks dengan
perintah-perintah pemformatan dokumen. Bahasa ini dinamakan Markup Language, sebuah
bahasa yang menggunakan tanda-tanda sebagai basisnya. IBM menamakan sistemnya
ini sebagai Generalized Markup Language atau GML.
Tahun 1986, ISO menyatakan bahwa
IBM memiliki suatu konsep tentang dokumen yang sangat baik, dan kemudian
mengeluarkan suatu publikasi (ISO 8879) yang menyatakan markup language sebagai
standar untuk pembuatan dokumen-dokumen. ISO membuat bahasa ini dari GML milik
IBM, tetapi memberinya nama lain, yaitu SGML
(Standard Generalized Markup Language). ISO dalam publikasinya meyakini bahwa
SGML akan sangat berguna untuk pemrosesan informasi teks dan sistem-sistem
perkantoran. Tetapi diluar perkiraan ISO,
SGML dan terutama subset dari SGML, yaitu HTML juga berguna untuk menjelajahi
internet. Khususnya bagi mereka yang menggunakan World Wide Web. Versi terakhir
dari HTML saat ini adalah HTML5.
Internet
Internet
(kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan
standar sistem global
Transmission
Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP)
sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol)
untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.Rangkaian internet yang
terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah
ini dinamakan internetworking ("antarjaringan"). Internet
merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika
Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced
Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana
dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan
komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.
Proyek ARPANET merancang bentuk
jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya
semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol
baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet
Protocol).
Tujuan awal dibangunnya proyek
itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika
Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang
tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi
masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi
terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
Pada mulanya ARPANET hanya
menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of
California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu
jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada
bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh
daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga
membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Oleh sebab itu ARPANET dipecah
manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan
"ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti,
universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama
DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.
Usenet
Usenet adalah sistem
diskusi Internet yang terdistribusi secara global.
Sistem ini dikembangkan dari arsitektur serbaguna UUCP
dari nama yang sama.
Mahasiswa pascasarjana Universitas Duke bernama Tom
Truscott dan Jim
Ellis mencetuskan idenya pada tahun 1979 untuk selanjutnya membangun
sistem ini pada tahun 1980.[1] Pengguna membaca dan mengirim
pesan umum (disebut artikel atau posting, dan secara kolektif
disebut berita) ke satu kategori atau lebih yang disebut newsgroup. Usenet menyerupai Bulletin
Board System (BBS) dalam banyak hal, dan merupakan awal dari
berbagai forum Internet
yang banyak digunakan saat ini, secara kasar dapat dianggap sebagai hibrida
antara surat elektronik
dan forum web. Diskusi disusun menurut topik diskusi, dan ditampilkan oleh Newsreader
seperti halnya susunan forum web dan BBSes, meskipun artikel disimpan pada
peladen secara berurutan.
Salah satu perbedaan penting
antara BBS atau forum web dan Usenet adalah tidak adanya server pusat dan
administrator khusus. Usenet didistribusikan antara konglomerasi besar yang
terus berubah dari peladen-peladen yang menyimpan serta meneruskan pesan satu
sama lainnya. Peladen-peladen ini secara longgar terhubung dalam jejaring tidak
tetap. Polanya mirip dengan peta transportasi kota yang kompleks. Ada beberapa
cara untuk sampai ke titik manapun di kota. Jika salah satu jalan akan diblokir
karena alasan tertentu, ada jalan lain selalu tersedia untuk sampai ke sana.
Dengan cara ini, Jaringan Pengguna atau Usenet memungkinkan artikel yang
diposkan ke newsgroup sampai ke banyak tujuan dengan cepat. Seorang pengguna
dapat membaca pesan dari peladen dan menuliskan pesan ke peladen lokal yang
dioperasikan oleh penyelenggara
jasa internet, universitas atau perusahaan. Peladen kemudian saling
bertukar pesan satu sama lainnya, hingga pesan tersedia bagi pembaca di luar
peladen asli.
FTP(File Tansfer
Protocol)
penggiriman
berkas (bahasa Inggris:
File Transfer Protocol) adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar
untuk pengiriman berkas (file)
komputer antar mesin-mesin dalam sebuah Antarjaringan.
FTP
merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih
digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan
(download) dan penggugahan
(upload) berkas-berkas komputer antara klien
FTP dan server FTP. Sebuah Klien FTP merupakan aplikasi yang dapat
mengeluarkan perintah-perintah FTP ke sebuah server FTP, sementara server FTP
adalah sebuah Windows Service atau daemon yang berjalan di atas sebuah komputer
yang merespons perintah-perintah dari sebuah klien FTP. Perintah-perintah FTP
dapat digunakan untuk mengubah direktori, mengubah modus pengiriman antara biner dan ASCII, menggugah berkas komputer ke server FTP, serta mengunduh
berkas dari server FTP.
Sebuah
server FTP diakses dengan menggunakan Universal
Resource Identifier
(URI) dengan menggunakan format ftp://namaserver. Klien FTP dapat menghubungi server FTP dengan membuka URI
tersebut.
FTP
menggunakan protokol Transmission
Control Protocol (TCP)
untuk komunikasi
data antara klien dan server, sehingga
di antara kedua komponen tersebut akan dibuatlah sebuah sesi komunikasi sebelum
pengiriman data dimulai. Sebelum membuat koneksi, port
TCP nomor 21 di sisi server akan
"mendengarkan" percobaan koneksi dari sebuah klien FTP dan kemudian
akan digunakan sebagai port pengatur (control port) untuk (1) membuat
sebuah koneksi antara klien dan server, (2) untuk mengizinkan klien untuk
mengirimkan sebuah perintah FTP kepada server dan juga (3) mengembalikan
respons server ke perintah tersebut. Sekali koneksi kontrol telah
dibuat, maka server akan mulai membuka port
TCP nomor 20 untuk membentuk sebuah
koneksi baru dengan klien untuk mengirim data aktual yang sedang dipertukarkan
saat melakukan pengunduhan dan penggugahan.
FTP
hanya menggunakan metode autentikasi standar, yakni menggunakan username
dan password yang dikirim dalam bentuk tidak terenkripsi. Pengguna terdaftar dapat menggunakan username dan password-nya
untuk mengakses, men-download, dan meng-upload berkas-berkas yang
ia kehendaki. Umumnya, para pengguna terdaftar memiliki akses penuh terhadap
beberapa direktori, sehingga mereka dapat membuat berkas, membuat direktori, dan bahkan menghapus berkas. Pengguna yang belum terdaftar
dapat juga menggunakan metode anonymous
login, yakni dengan menggunakan nama
pengguna anonymous dan password yang diisi dengan menggunakan alamat e-mail.
Gooper
Gopher adalah protokol
layer aplikasi TCP/IP yang dirancang untuk distribusi, pencarian, dan
pengambilan dokumen melalui Internet. Sangat berorientasi pada desain dokumen
menu, protokol Gopher disajikan menarik untuk alternatif World Wide Web pada
tahap awalnya, tapi akhirnya gagal mencapai popularitas. Protokol ini
menawarkan beberapa fitur yang tidak didukung oleh native Web dan
menerapkan hierarki yang lebih kuat pada informasi yang tersimpan di dalamnya.
Menu teks antarmuka yang mudah digunakan, dan cocok untuk lingkungan komputasi
yang sangat bergantung pada remot teks berorientasi terminal komputer, yang
masih umum pada saat pembentukannya pada tahun 1991, dan kesederhanaan
protokol yang difasilitasi berbagai implementasi klien. Revisi gopher yang
lebih baru dan klien grafis menambahkan dukungan untuk multimedia.
Dengan struktur hierarki, Gopher memberikan platform
berguna untuk skala besar koneksi perpustakaan elektronik
pertama. Pengguna Gopher ingat bahwa sistem "lebih cepat dan lebih efisien
dan jauh lebih terorganisir" dari layanan Web saat ini. Meskipun sebagian
besar digantikan oleh Web di tahun berikutnya, protokol Gopher masih digunakan
oleh penggemar, dan server populasi kecil tetap aktif dipertahankan.
Jenis-Jenis
web
Kelahiran
Web Science didorong oleh pergerakan generasi Web dari Web 1.0 ke Web 3.0.Sejak
diperkenalkan Web pada tahun 1990 oleh Tim Berners-Lee, perkembangan yang
terjadi luar biasa. Secara umum, Web 1.0 dikembangkan untuk pengaksesan
informasi dan memiliki sifat yang sedikit interaktif.Secara garis besar, sifat
Web 1.0 adalah Read.
Lalu, tak lama kemudian muncullah Web 2.0 yang merupakan revolusi bisnis di industri komputer yang disebabkan oleh penggunaan internet sebagai platform, juga merupakan suatu percobaan untuk memahami aturan untuk mencapai keberhasilan platform baru.Sifat Web 2.0 adalah Read-Write.
Lalu, tak lama kemudian muncullah Web 2.0 yang merupakan revolusi bisnis di industri komputer yang disebabkan oleh penggunaan internet sebagai platform, juga merupakan suatu percobaan untuk memahami aturan untuk mencapai keberhasilan platform baru.Sifat Web 2.0 adalah Read-Write.
web 2.0
|
Web 2.0, adalah sebuah istilah yang dicetuskan pertama kali oleh O'Reilly Media pada tahun 2003, dan dipopulerkan pada konferensi web 2.0 pertama di tahun 2004,[1] merujuk pada generasi yang dirasakan sebagai generasi kedua layanan berbasis web—seperti situs jaringan sosial, wiki, perangkat komunikasi, dan folksonomi—yang menekankan pada kolaborasi online dan berbagi antar pengguna. O'Reilly Media, dengan kolaborasinya bersama MediaLive International, menggunakan istilah ini sebagai judul untuk sejumlah seri konferensi, dan sejak 2004 beberapa pengembang dan pemasar telah mengadopsi ungkapan ini.
Walaupun kelihatannya istilah ini menunjukkan versi baru daripada web, istilah ini tidak mengacu kepada pembaruan kepada spesifikasi teknis World Wide Web, tetapi lebih kepada bagaimana cara si-pengembang sistem di dalam menggunakan platform web. Mengacu pada Tim Oreilly, istilah Web 2.0 didefinisikan sebagai berikut:
Web 2.0 adalah sebuah revolusi
bisnis di dalam industri komputer yang terjadi akibat pergerakan ke internet
sebagai platform, dan suatu usaha untuk mengerti aturan-aturan agar sukses di
platform tersebut.
Selanjutnya adalah Web 3.0, jika dunia seluler dikenal istilah 3G, maka di Internet ada yang namanya Web 3.0. Wow, apa pula ini? Apa bedanya dengan Web 2.0 yang sekarang sedang marak? Jangan salah, ternyata orang Indonesia juga sudah ada yang mengembangkannya.
web 3.0 adalah generasi ketiga dari layanan internet berbasis web. Konsep Web 3.0 pertama kali diperkenalkan pada tahun 2001, saat Tim Berners-Lee, penemu World Wide Web, menulis sebuah artikel ilmiah yang menggambarkan Web 3.0 sebagai sebuah sarana bagi mesin untuk membaca halaman-halaman Web. Hal ini berarti bahwa mesin akan memiliki kemampuan membaca Web sama seperti yang manusia dapat lakukan sekarang ini.
Web 3.0 berhubungan dengan konsep Web Semantik, yang memungkinkan isi web dinikmati tidak hanya dalam bahasa asli pengguna, tapi juga dalam bentuk format yang bisa diakses oleh agen-agen software. Beberapa ahli bahkan menamai Web 3.0 sebagai Web Semantik itu sendiri.
Keunikan dari Web 3.0 adalah konsep dimana manusia dapat berkomunikasi dengan mesin pencari. Kita bisa meminta Web untuk mencari suatu data spesifik tanpa bersusah-susah mencari satu per satu dalam situs-situs Web. Web 3.0 juga mampu menyediakan keterangan-keterangan yang relevan tentang informasi yang ingin kita cari, bahkan tanpa kita minta.
Web 3.0 menawarkan metode yang efisien dalam membantu komputer mengorganisasi dan menarik kesimpulan dari data online. Web 3.0 juga memungkinkan fitur Web menjadi sebuah sarana penyimpanan data dengan kapasitas yang luar biasa besar.
Walaupun masih belum sepenuhnya direalisasikan, Web 3.0 telah memiliki beberapa standar operasional untuk bisa menjalankan fungsinya dalam menampung metadata, misalnya Resource Description Framework (RDF) dan the Web Ontology Language (OWL). Konsep Web Semantik metadata juga telah dijalankan pada Yahoo’s Food Site, Spivack’s Radar Networks, dan sebuah development platform, Jena, di Hewlett-Packard.
Pertumbuhan
Sosial & Ekonomi dengan Semakin Berkembangnya Teknologi.
Dampak positif teknologi di bidang
sosial
-
Perbedaan kepribadian pria dan wanita. Banyak pakar yang berpendapat bahwa kini
semakin besar porsi wanita yang memegang posisi sebagai pemimpin, baik dalam
dunia pemerintahan maupun dalam dunia bisnis. Bahkan perubahan perilaku ke arah
perilaku yang sebelumnya merupakan pekerjaan pria semakin menonjol.
-
Meningkatnya rasa percaya diri. Kemajuan ekonomi di negara-negara Asia
melahirkan fenomena yang menarik. Perkembangan dan kemajuan ekonomi telah
meningkatkan rasa percaya diri dan ketahanan diri sebagai suatu bangsa akan
semakin kokoh. Bangsa-bangsa Barat tidak lagi dapat melecehkan bangsa-bangsa
Asia.
-
Tekanan, kompetisi yang tajam di berbagai aspek kehidupan sebagai konsekuensi
globalisasi, akan melahirkan generasi yang disiplin, tekun dan pekerja keras.
Dampak negatif yang diberikan
dibidang sosial
- Kemerosotan
moral di kalangan warga masyarakat, khususnya di kalangan remaja
dan pelajar.Kemajuan kehidupan ekonomi yang terlalu menekankan pada upaya
pemenuhan berbagai keinginan material, telah menyebabkan sebagian warga
masyarakat menjadi “kaya dalam materitetapi miskin dalam rohani”.
- Kenakalan dan tindak
menyimpang di kalangan remaja semakin meningkat semakin lemahnyakewibawaan
tradisi-tradisi yang ada di masyarakat, seperti gotong royong dan
tolong-menolong telah melemahkan kekuatan-kekuatan sentripetal yang berperan
penting dalam menciptakankesatuan sosial. Akibatnya bisa dilihat bersama,
kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remaja dan pelajar semakin
meningkat dalam berbagai bentuknya, seperti perkelahian,
corat-coret,pelanggaran lalu lintas sampai tindak kejahatan.
- Pola
interaksi antar manusia yang berubah, kehadiran komputer pada kebanyakan rumah
golongan menengah ke atas telah merubah pola interaksi keluarga. Komputer yang
disambungkan dengan telepon telah membuka peluang bagi siapa saja untuk berhubungan
dengan dunia luar. Program internet relay chatting (IRC) internet dan e-mail
telah membuat orang asyik dengan kehidupannya sendiri. Selain itu tersedianya
berbagai warnet memberipeluang kepada banyak orang yang tidak memiliki komputer
dan saluran internet. Kini semakin banyak orang yang menghabiskanwaktunya
sendirian dengan komputer. Melalui program internet relay chatting
(IRC) anak-anakbisa asyik mengobrol dengan teman dan orang asing kapan saja.
Dampak
teknologi komputer di bidang ekonomi
Dalam bidang ekonomi teknologi
berkembang sangat pesat. Dari kemajuan teknologi dapat kita rasakan manfaat
positifnya antara lain:
1.
Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi
2.
Terjadinya industrialisasi
3.
Produktifitas dunia industri semakin meningkat
4.
Persaingan dalam dunia kerja sehingga menuntut pekerja untuk selalu menambah
skill dan pengetahuan yang dimiliki.Kecenderungan perkembangan teknologi dan
ekonomi, akan berdampak pada penyerapan tenaga kerja dan kualifikasi tenaga
kerja yang diperlukan. Kualifikasi tenaga kerja dan jumlah tenaga kerja yang
dibutuhkan akan mengalami perubahan yang cepat.
Akibatnya, pendidikan yang
diperlukan adalah pendidikan yang menghasilkan tenaga kerja yang mampu
mentransformasikan pengetahuan dan skill sesuai dengan tuntutan kebutuhan
tenaga kerja yang berubah tersebut.
5.
Di bidang kedokteran dan kemajauan ekonomi mampu menjadikan produk kedokteran
menjadi komoditi
Dalam bidang ekonomi, kemajuan
internet terutama pada aplikasi mesin pencari memudahkan suatu perusahaan dalam
melihat target pasar dari perusahaan tersebut. Selain itu, teknologi internet
juga membawa suatu perubahan pasar yakni saat ini transaksi
penjualan/pembelian tidak hanya dapat dilaksanakan ketika penjual dan pembeli
bertemu secara langsung namun dalam dunia maya sekalipun. Contoh transaksi jual
beli yang biasa kita temukan di internet seperti Shopping Online, Penjualan
tiket pesawat, dll.
Kemajuan teknologi akan meningkatkan
kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri
maupun pada aspek jenis produksi. Investasi dan reinvestasi yang berlangsung
secara besar-besaran yang akan semakin meningkatkan produktivitas dunia
ekonomi. Di masa depan, dampak perkembangan teknologi di dunia industri akan
semakin penting.
Sudah beberapa postingan sebelumnya ansorpunya selalu
memosting tentang web, nah, sebenarnya itu tugas mata kuliah sofskil saya. Mata
kuliah tersebut bernama pengenalan dasar web sains, lalu apa itu web
sains? menurut theredocean.blogspot.com Web Science terdiri atas kata "Web" dan
kata "Science", dimana kedua kata tersebut memiliki arti yang
berbeda. Berikut merupakan penjelasan dari definisi kedua kata tersebut
sehingga dapat membentuk suatu istilah baru yang disebut dengan "Web
Science".
Web atau Website merupakan suatu
halaman informasi yang disediakan melalui jalur Internet, sehingga web dapat
diakses di mana saja selama web tersebut terhubung atau terkoneksi dengan
jaringan internet. Web merupakan alat komunikasi online yang menggunakan media
internet dalam pendistribusian atau penyebarannya. Web merupakan kumpulan
halaman yang menampilkan informasi dengan berbagai macam jenis. Diantaranya
berupa data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan
atau gabungan dari semuanya, baik web tersbut bersifat statis maupun bersifat
dinamis yang akan membentuk suatu rangkaian yang saling terkait dimana
masing-masing rangkaian tersebut dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman
yang disebut dengan hyperlink.
Berikutnya pengertian tentang
Science. Science atau sains sangat erat hubungannya denga Ilmu Pengetahuan,
banyak yang mendefinisikan bahwa sains itu sama dengan Ilmu Pengetahuan. Namun
menurut bahasa, sains adalah aktivitas pemecahan masalah yang dilakukan oleh
manusia yang dimotivasi oleh rasa ingin tahu tentang dunia sekitar mereka dan
keinginan untuk memahami suatu hal atau kejadian tersebut.
Sedangkan yang dimaksud dengan Web
Science adalah ilmu yang mempelajari tentang efisiensi atau pemanfaatan dari
sebuah web, agar dapat dirasakan manfaat dan kegunaannya pada banyak bidang di
dalam kehidupan sehari-hari. Di dalam web science kita belajar bagaimana
memberdayakan suatu sumber daya virtual sebagai media komunikasi praktis.
Dengan tampilan web yang menarik dan abtraktik agar memunculkan minat orang
banyak untuk membaca web tersebut.Contoh-contoh nyata yang sudah diterapkan
dapat dilihat pada bidang komersil atau bidang ekonomi, bidang sosial dan
bidang pendidikan
Metodologi Web Science
Web
Science merupakan kajian sains dari Web. Ketika Web telah bergerak ke ranah
ilmu, maka pertanyaan mendasar adalah bagaimana keilmuan ini melakukan
metodologi. Bagaimana peneliti atau engineer melakukan pendekatan terhadap Web
untuk pemahaman dan relasinya dengan domain sosial secara luas dan inovasi apa
yang dapat dilakukan.
Berbagai
penelitian yang berlangsung saat ini melakukan pengembangan pada metodologi
pemetaan (mapping) dan graph pada struktur Web dengan sampling sebagai kunci
utamanya [Leung, 2001]. Sebagai contoh laporan riset [Fetterly, 2004]
menyatakan bahwa 27% dari web di Jerman (.de) melakukan perubahan setiap minggu.
Model lain adalah metodologi model analisis yang mengkombinasikan data empiris
yang digunakan untuk melakukan determinasi probabilitas. Metodologi pada Web
Science akan dipengaruhi oleh perekayasaan yang berlatar belakang industri
maupun peneliti akademisi.
Sumber :
http://andrer17.blogspot.com/2013/03/web-science-metodologi-web-science.html
http://ansorpunya.blogspot.com/2012/05/web-sains.html
http://id.wikipedia.org/wiki/HTML
http://himawan150.blogspot.com/2013/04/sejarah-web-science-setelah-sebelumnya.html